CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Langit is turn to..

 Baby Birthday Ticker Ticker

The Baby #2

 Pregnancy Ticker

Thursday, April 18, 2013

Imunisasi Wajib & Optional



Gak berasa langit udah 2 bulan, dulu sewaktu pulang dari RS, Langit sama sekali belum di vaksin, padahal kan seharusnya sudah di vaksin Polio & Hepatitis B..karna alasan Langit kuning jadi dianggap kondisinya sedang tidak sehat, sedangkan bayi yang akan di vaksin harus dalam keadaan sehat.

Searching sana-sini akhirnya memutuskan ke RS Harapan Kita,karena dekat dengan rumah dan berharap bisa ketemu Dr. Endah Citraresmi yang katanya RUM (Rational Use of Medicine) dan pro ASI..ternyata sampe di TKP kita terkaget2 coz fans Dr. Endah ramee bgt yaa..sedangkan saya udah parno takut Langit kena virus/penyakit di RS ini yang mana buanyak banget anak bayi-balita pada sakit T_T. udah lama ngantri..ternyata kalau hanya untuk imunisasi gak perlu antri di poliklinik ini,tapi di poliklinik khusus imunisasi yang tempatnya terpisah disebrang poliklinik yang banyak bgt anak bayi sakit ini, sempet ketemu Dr. Endah..enak penyampaian-nya,dan baik..Langit sempet di periksa dan konsul sedikit tentang ASI, free loh..hehe makasih ya bu dok! 

akhirnya kita di alihkan ke Poliklinik POTAS yang khusus untuk bayi imunisasi itu,suasananya lebih bersih dan nyaman dibanding poliklinik yang tadi. sampe disana ketemu sama Dr. En***g yang aseli judes bgt! nyesel deh saya milih dokter ini buat vaksin Langit. Mana si dokter judes ini underestimate banget bayi yang gak ASIX alias udah kena sufor..pokoknya saya gak bakalan balik lagi deh ke dokter ini..yah untungnya biaya vaksin disini plus fee dokter-nya murah, cuma Rp 150.000 saja termasuk jasa dokter

Berikut tabel jadwal imunisasi buat mommies yang belum punya :


Imunisasi yang diwajibkan Pemerintah sbb :
1. BCG
2. Hepatitis B
3. Polio
4. DTP
5. Campak 

Selebihnya optional.dengan kelebihan & kekurangan masing2.
Saat ini ada Vaksin baru yaitu "Rotavirus" intinya untuk mencegah penyakit Diare yang disebabkan oleh virus Rotavirus,diberikan 2x diusia 2 bulan & 4 bulan (untuk jenis Rotarix) ada juga yang pemberiannya 3x (jenis Rotateq).Vaksin ini diberikan secara oral dan rasanya manis kata bu dokter. 
 kemarin begitu Langit masuk usia 2 bulan saya tambahkan vaksin Rotavirus ini disamping vaksin yang wajib untuk bayi 2 bulan (lihat tabel), penguat-nya adalah karena ada teman saya yang baru saja anak-nya terkena diare akibat virus rotavirus ini dan kondisinya parah, plus demam & muntah2 juga lho! jadi menurut saya penting untuk pencegahan. Untuk halal atau tidaknya vaksin Rotaviris saya tidak begitu mempermasalahkan intinya kan untuk kesehatan,Bismillah aja.

sedangkan untuk "PCV/IPD" (Pnemoukokus) tidak saya berikan ke Langit, menurut Dr. Mira (baru lagi nih DSA-nya Langit,deket rumah,klinik super nyaman,-sepi,gak banyak baby sakit- lumayan sreg,gak judes soal ASI/Sufor,dan enak bisa tanya2 via bbm) PCV tidak terlalu penting karena biasanya virus ini berkembang biak di tempat yang kumuh, selama baby berada ditempat yang bersih kemungkinan terkena virus ini sedikit sekali. Lagipula disamping alasan itu vaksin ini muahal bok! harganya sekitar Rp 800.000 s/d Rp 1.000.000.

Oiya Alhamdulillah Langit gak demam setelah di vaksin usia 2 bulan (Polio, Hib,DTP dan Rotavirus) plus pinter banget deh gak pake acara nangis kejer,cuma bunyi "ngek" dikit trus bobo lagi..good boy! :* besokannya pup-nya buanyak banget, efek dari vaksin rotavirus nih kata Dr. Mira..

ada berapa link yang bagus untuk di baca :



HTH yaa moms :)





No comments: