CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Langit is turn to..

 Baby Birthday Ticker Ticker

The Baby #2

 Pregnancy Ticker

Friday, January 24, 2014

Infeksi Virus?

Sebulan yang lalu Langit sakit, demam plus batpil yang pertama..sebagai orangtua baru saya agak panik, apalagi di hari pertama demamnya sampai 39,3 decel, hati saya berantakan! :( buru-buru saya & suster bawa Langit ke IGD RS Harapan Kita tanpa nungguin papap pulang dulu dari kantor , sesampainya di IGD RS Harkit, Langit langsung dikasih obat penurun panas dari dubur, magic banget..dalam 5 menit demamnya langsung turun, Langit pun udah gak rewel seperti sebelumnya..Alhamdulillah ya Allah! kita pun pulang dengan lega dan berharap semoga Langit gak demam lagi..Amin.

Malamnya Langit masih demam, diangka 37-38.5 decel, batpilnya pun muncul, kasian meler dan batuk-batuk..hiks,,gak bisa tidur lah saya & Suami..khawatir banget dan tetep siaga..obat penurun panas yang diresepin dokter adalah "Sanmol" kita minumkan ke Langit per 4 jam (apabila panas saja), max 6x dalam 24 jam. Sedangkan obat Batuk pilek-nya adalah puyer racikan, dokter gak meresepkan antibiotik karena dirasa belum perlu.

Besokannya dari pagi sampai sore Langit gak demam, dan aktif seperti biasa..tapi setelah maghrib panas lagi sampai keesokan hari-nya masih berulang seperti itu :(
akhirnya kita putuskan bawa Langit ke dokter lagi mengingat sudah hari ke-3 demam..menurut artikel kesehatan yang saya googling & buku dr Tiwi sebaiknya apabila anak masih demam di hari ke-3 harus segera cek darah, agar bisa segera ditindaklanjuti oleh dokter.

Akhirnya kami ke IGD RS Harkit lagi dan Langit langsung cek darah, hasilnya kita tunggu 1 jam..ternyata hasil cek darah Langit terkena infeksi Virus :( menurut dokter virus bisa dari mana saja, bisa dimainan, bisa dari binatang (dirumah ada kelinci pula..jadi parno dyeh), bisa dari alat makan yang gak bersih atau apapun yang masuk ke dalam mulutnya..

Untuk penanganan virus gak butuh "antibiotik", dokter meresepkan racikan anti virus, racikan obat batuk pilek, suplemen daya tahan tubuh merk "imboost" dan untuk demam tetep "Sanmol" saja cukup. Sebisa mungkin saya berpedoman pada RUM (Rational Use of Medicine) untuk penggunaan obat secara rasional, jadi Langit gak sedikit2 kena antibiotik sedari bayi, kasian kan dari bayi udah kena antibiotik terus, kalau cuma demam biasa gak perlu antibiotik, tunggu 3 hari apabila anak masih demam langsung ke dokter untuk cek darah,kalau hasilnya terinfeksi bakteri,baru penanganannya dengan antibiotik. 

Oiya..Langit kebantu juga dengan aromateraphy dari Mom n Jo cold n' flu (diteteskan di aplikator bentuk bebek, dijual juga di Mom n Jo), sekalian saya beli spray Air disinfectan untuk mengurangi virus batpil, plus transpulmin bb yang dibalur ke dada-perut-punggungnya. 

 

Alhamdulillah di hari ke-5 (fiuh lamaaa ya!...bikin deg2an, gak enak tidur,ga enak makan euy) akhirnya Langit ga demam lagi..horee..tinggal batpilnya aja nih..smoga sesudah ini Langit sehat selalu ya sayang..Amin YRA..

No comments: